Jumat, 19 Agustus 2016

CONTOH ANALISIS BENTUK SURAT



Surat tersebut termasuk dalam bentuk block style. Hal tersebut dapat dilihat dari penempatan tanggal dan tanda tangan yang menjorok ke kanan, tetapi paragrafnya menjorok ke kiri tanpa tabs. Kertas yang digunakan juga berukuran A4 yang biasanya sering digunakan dalam pembuatan surat-surat dinas seperti itu. Berdasarkan acuan yang saya pelajari dalam korespondensi bahasa indonesia, pembuatan surat tersebut sudah benar dan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan dalam membuat surat.
Surat tersebut berisi permohonan izin untuk menggunakan gedung persenipora sebagai tempat penyelenggaraan diskusi panel yang bertema “mempelajari pemikiran ki hajar dewantara” yang akan di selenggarakan oleh OSIS SMA 2 KUALA TUNGKAL. Sehubungan dengan surat tersebut, OSIS SMA 2 KUALA TUNGKAL berharap memperoleh izin dari pengelola gedung persenipora karena acara tersebut merupakan acara yang penting sekaligus untuk memperingati hari pendidikan nasional 5 oktober.
Dalam pembuatan surat tersebut harus diketahui terlebih dahulu bentuk surat apa yang akan dibuat. Dengan mengetahui bentuk suratnya terlebih dahulu, pembuatan surat akan baik dan rapi mengikuti aturan yang berlaku, dan bersifat formal. Bentuk surat tidak boleh di campur-campur agar tersusun rapi dan beraturan.
Bentuk surat berbeda-beda dalam setiap pembuatannya. Untuk itu harus mengikuti aturan yang berlaku. Seperti surat permohonan izin yang saya lampirkan ini, surat tersebut merupakan bentuk block style sesuai dengan yang di tetapkan. Tidak bercampur dengan bentuk surat lainnya sehingga teratur dan tersusun rapi seperti surat dinas lainnya.
Dilihat dari bentuknya tersebut, sudah dapat dipastikan berbentuk block style dan bukan bentuk lain jika orang yang membacanya tahu penting mengenai bentuk-bentuk surat yang pernah diajarkan padanya. Surat ini saya pelajari di mata kuliah saya korespondensi bahasa indonesia tentang surat-surat permintaan dan penawaran dari satu perusahaan kepada perusahaan lain dalam hal kerjasama perdagangan.
Dengan mempelajari bentuk-bentuk surat tersebut, akan lebih tahu mengenai bentuk surat-surat lain dan tidak terjadi kesalahan apabila membedakannya dengan surat lain.

Surat yang dilampirkan ini, dari bentuk surat dan cara penulisan bagian-bagian surat serta kertas yang digunakan sudah jelas merupakan bentuk surat block style dan bukan merupakan bentuk lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar