1.
Landasan pendidikan masyarakat
Menurut
Soerjono Soekanto dalam seetiap masyarakat, pasti terdapat peranan sosial
(social institution), yaitu terdiri dari:
a.
Pranata
pendidikan mempunyai tugas dalam upaya sosialisasi agar warga masyarakat
mempunyai kepribadian yang diharapkan masyarakat bersangkutan
b.
Pranata ekonomi
bertugas mengatur upaya pemenuhan kemakmuran hidup masyarakat
c.
Pranata politik
bertugas menciptakan integritas dan stabilitas masyarakat
d.
Pranata
teknologi berupaya menciptakan teknik untuk mempermudah kehidupan manusia dan
e.
Pranata moral
mengurusi nilai dan penyikapan dalam pergaulan masyarakat
2.
Hubungan sekolah masyarakat
Hubungan
sekolah dengan masyarakat merupakan suatu penyederhanaan konsep sebab sekolah
merupakan wujud pranata pendidikan dan pranata pendidikan merupakan pranata
sosial dalam masyarakat. Oleh karena itu sekolah merupakan bagian dari
masyarakat.
a.
Hubungan transaksional antarsekolah dengan
masyarakat
Menurut Sanafiah
Faisal, hubungan sekolah dengan masyarakat dilihat dari dua segi yaitu
1)
Sekolah sebagai
partner masyarakat dalam melakukan fungsi pendidikan dan
2)
Sekolah sebagai
produsen yang melayani pesanan-pesanan pendidikan dan masyarakat.
b.
Hubungan transmisi dan transformasi
Hubungan transmitif
(pewarisan dan pemeliharaan) terjadi manakala sekolah berperan sebagai
pewarisan kebudayaan. Sedangkan hubungan transformatif (inovatif atau
pembaharuan) terjadi manakala sekolah berperan sebagai agen pembaharu dalam
kebudayaan masyarakat.
Dalam kaitan ini ada
beberapa hal yang mungkin dilakukan siswa SD yaitu
1)
Reproduksi
budaya, murid dibelajarkan untuk melakukan penggalian unsur-unsur budaya yang
telah ada dalam masyarakatnya
2)
Difusi
kebudayaan, murid dibelajarkan agar dapat menyebarluaskan unsur-unsur budaya
yang dinilai positif dan belum dimiliki masyarakat, kepada masyarakatnya
3)
Kemampuan
berfikir kreatif ini perlu terus dikembangkan dan ditanamkan dalam diri murid,
sehingga pada gilirannya tercipta manusia pembaharu. Berfikir kreatif artinya
berfikir divergen atau alternatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar